Refleksi ke sepuluh

Assalamualaikum wr.wb.

Pada pertemuan ke sepuluh ini kita mempelajari tentang materi kuliah Searching. Searching memiliki dua macam yaitu linear search dan binary search.

Linear search
     Andaikan terdapat array dengan banyak data sebanyak ukuran. Misalnya kita ingin mencari data kunci dalam array . Prinsip pada pencarian linier , setiap data pada array akan dibandingkan dengan kunci sampai pada data yang terakhir. Bila pada posisi ke -i data sama dengan kunci, berarti data ditemukan pada posisi ke-i. Bila sampai akhir data tidak juga ditemukan berarti kunci tidak ada pada array.

Binary search
     Pada algoritma pencari biner, data sudah dalam keadaan terurut. Contoh dalam kehidupan sehari-hari, seperti orang mencari nomor telepon pada buku telepon. Setiap kali pencarian, kunci akan selalu dibandingkan dengan data yang berada ditengah, bila sama berarti data ketemu, bila tidak akan dilihat apakah data ada di sebelah kiri atau di sebelah kanan. Bila data di sebelah kiri, dilakukan pencarian dengan cara yang sama . 
Jadi, setiap pencarian data selalu dibelah menjadi dua bagian, sampai pada titik tertentu. Pencarian tidak dilakukan lagi bila tidak sampai pada perbandingan terakhir data juga tidak sama, berarti data tidak ditemukan pada array.


Mungkin segitu dulu yang bisa saya post.
Terima kasih telah berkunjung di blog saya.
Semoga bermanfaat.
Wassalamu'alaikum.
Share on Google Plus

About Luthfi

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar