Diktat Bab 7

Kasus 6.1. Carilah rata-rata dari n bilangan bulat dengan menggunakan array.


Kasus 6.2. Carilah nilai deviasi standar dari n buah data.


Kasus 6.3. Dengan menggunakan algoritma 5.2., buatlah algoritma untuk menentukan nilai maksimum dari n bilangan.


Kasus 6.4. Buatlah algoritma untuk menentukan nilai maksimum dan minimum dari n bilangan.


Kasus 6.5. Tentukan modus dari n buah data berupa bilangan bulat, di mana besar datanya antara 1 sampai dengan 10.


Kasus 6.6. Buatlah suatu algoritma untuk mengecek apakah suatu kata atau kalimat merupakan palindrom atau tidak. Palindrom adalah suatu kata atau kalimat yang dibaca dari kiri ke kanan sama dengan kalu dibaca dari kanan ke kiri.


Kasus 6.7. Penyandian Kalimat Dalam kriptografi cukup banyak algoritma untuk menyandikan teks (kalimat). Salah satunya adalah dengan cara menggeser posisi huruf. Sebagai contoh, huruf ‘A’ bila digeser ke kanan sebanyak 5 tempat akan menjadi huruf ‘F’, huruf ‘B’ menjadi ‘G’ dan seterusnya. Lima huruf terakhir melingkar kembali ke huruf awal, misalnya ‘X’ menjadi ‘C’. Untuk mengembalikan ke teks asli, teks yang telah digeser hurufnya ke kanan tadi, kita geser sebaliknya yaitu ke kiri sebanyak 5 kali.----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Workshop 
1. Buatlah algoritma dan subprogram yang cara kerjanya seperti procedure insert di atas. Misalkan : kata1 = “Algoritma Pemrograman” kata2 = “dan “ Outputnya : kata3 = “Algoritma dan Pemrograman” Coba lakukan secara manual huruf demi huruf dari kata2 yang disisipkan ke kata1. Perhatikan letak indeks dari kata1 yang akan memperoleh tambahan kata2.


2. Buatlah algoritma dan program untuk mengubah string menjadi bergantian huruf besar dan kecil. Contoh : Algoritma dan Pemrograman Æ AlGoRiTmA dAn PeMrOgRaMaN
3. Buatlah algoritma dan program untuk menghitung jumlah kata dalam suatu kalimat.
4. Diberikan class Vektor berikut ini. 

class Vektor {
   friend ostream& operator<<(ostream&, Vektor&); 
   friend istream& operator>>(istream&, Vektor&); 
   friend class SPL; 
public: Vektor(); 
   void penjumlahan_vektor(const Vektor& A, const Vektor& B); 
   void perkalian_vektor(float k, const Vektor& A);
   void beri_nilaiBanyak(int); 
private:
   int elemen[100]; 
   int banyak; }; 

Sebuah vektor yang disimpan menggunakan array, dapat dipandang sebagai vektor baris maupun vektor kolom. Method penjumlahan_vektor didefinisikan sebagai penjumlahan elemenelemen Vektor A dan Vektor B pada indeks yang sama. Method perkalian_vektor didefinisikan sebagai perkalian Vektor A dengan skalar k. Sementara method beri_nilaiBanyak menunjukkan berapa banyak elemen dari suatu vektor. Lengkapi isi method di atas sehngga sesuai dengan definisi yang diberikan. Misal :
Vektor A 2 -3 7 1 -8 dan
Vektor B 0 1 5 -3 5
 Hasilnya :
Vektor C ??
----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Latihan 

1. Buatlah algoritma dan subprogram yang cara kerjanya seperti function pos di atas.
2. Buatlah algoritma dan function dalam bahasa C untuk menggantikan strlen, yaitu mengetahui panjang suatu string .
3. Buatlah algoritma dan function untuk mengubah huruf besar menjadi huruf kecil, kemudian buatlah function untuk mengubah string menjadi string yang hurufnya huruf besar semua.



klik download untuk mendapatkan jawaban dari soal diatas.
Share on Google Plus

About Luthfi

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar